Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program Keputrian di Madrasah, Fungsi dan Tujuannya


Keputrian adalah program madrasah yang di khususkan bagi peserta didik putri, dalam rangka membahas permasalahan seputar problematika wanita. Hal ini sangat perlu dilakukan sebagai bimbingan bagi para remaja putri yang sedang berada dalam fase serba ingin tahu, agar di arahkan kepada hal-hal yang lebih positif.

Kegiatan keputrian dilakukan setiap hari Jum'at di saat siswa laki-laki menuju masjid untuk melakukan shalat Jum'at. Kegiatan keputrian diisi dengan berbagai macam kegiatan yang menambah wawasan keislaman dan kepribadian seorang wanita muslim. 

Berikut adalah beberapa materi kegiatan program keputrian di madrasah, di antaranya : 

Membahas tentang pembelajaran fiqih wanita, fiqih thaharah, akhlak perempuan, kisah teladan rasul, kisah shahabiyah, diskusi permasalahan remaja, keterampilan dan berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan remaja putri, masa-masa perkembangan psikologis, maupun beberapa masalah penting remaja putri dan wanita dewasa.

Kegiatan keputrian tidak hanya dilakukan dengan pemberian materi, namun juga siswa diajak untuk berdiskusi menyelesaikan permasalahan aktual yang muncul dikalangan remaja. Utamanya penyelesaian masalah dilakukan berdasarkan pandangan Islam. 

Fungsi Program Keputrian

Program keputrian adalah sebuah kegiatan yang berisi materi kewanitaan dan disampaikan oleh guru sebagaimana pemberian pelajaran di kelas. Metode pemberian materi bermacam-macam, misalnya memakai video, tanya jawab, cerita, ceramah dan sebagainya.

Tujuan Program Keputrian


Kegiatan keputrian merupakan kegiatan membimbing siswi dan memperkenalkan kedudukan wanita dalam islam, akhlak atau perilaku perempuan, kesetaraan, fiqh wanita, dan lain lain. Adapun tujuan paling penting dalam kegiatan keputrian ini adalah, untuk:
  • Dapat menutup aurat
  • Dapat memiliki sifat malu
  • Dapat berbusana dengan busana muslimah sesuai syar'i
Penutup 

Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa yang merupakan remaja putri dapat membentengi diri dari pengaruh luar yang tidak sesuai dengan ajaran Islam sebagaimana yang harus dilakukan oleh seorang wanita muslim, juga menanamkan pada diri para siswa aqidah Islam Ahlussunnah wal Jamaah.

Post a Comment for "Program Keputrian di Madrasah, Fungsi dan Tujuannya"